Rabu, 30 November 2011

Jamur yang aman dikonsumsi

Jamur Kancing atau Champignon



Jamur Kancing ( Agaricus bisporus ),jamur kompos atau Champignon adalah jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem atau coklat muda.Jamur kancing merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan didunia.
Jamur kancing dipanen sewaktu masih berdiameter 2-4 cm.Tubuh buah dewasa dengan payung yang sudah mekar mempunyai diameter sampai 20 cm.

Manfaat : Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan,biasanya digunakan dalam berbagai masakan barat seperti omelet,pizza,kaserol,dll.Jamur kancing memiliki aroma unik,sebagian orang ada yang menyebutnya sedikit manis atau seperti " daging ".

Jamur kancing segar bebas lemak, bebas sodium serta kaya vitamin dan mineral,seperti vit B dan potasium.Jamur kancing juga rendah kalori,5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.
jamur kancing cepat berubah warna menjadi kecoklatan dan hilang aromanya setelah dipotong dan dibiarkan di udara terbuka.Jamur kancing segar sebaiknya cepat dimasak sebelum berubah warna.



Jamur Shiitake



 Shiitake ( Lentinula edodes ) atau jamur hioko adalah jamur pangan asal Asia timur yang terkenal diseluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahas jepang.
Shiitake secara harafiah berarti jamur dari pohon shii (Castanopsis cuspidata) karena batang pohonya yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shiitake.

Jamur shiitake segar atau dalam bentuk kering sering digunakan dalam berbagai masakan dibanyak negara.Shiitake segar biasanya dimakan sebelum payung bagian bawahnya berubah warna.Batang shiitake agak keras dan umumnya tidak digunakan dalam masakan.

Dijepang, shiitake merupakan isi sup miso,digoreng sebagi tempura, udon dan berbagi jenis masakan lain.Shiitake juga digoreng dan dijual sebagai keripik shiitake.


Jamur tiram  



Jamur tiram ( Pleurotus ostreatus ) adlah jamur pangan dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Kandungan Gizi :
Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart,biochemistry,Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn,jamur tiram mengandung protein,air,kalori,karbohidrat,dan sisanya berupa serat zat besi,kalsium,vitamin B1,vitamin B2,dan vitamin C.

Manfaat :
jamur tiram memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan,menurunkan kolesterol,sebagai antibakterial dan anti tumor,serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.
Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah.Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever,diabetes,anemia.
Disamping itu jamur tiram juga dipercaya dalam membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan.Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai anti tumor.


Jamur Merang


Jamur merang ( Volvariella volvacea ) adalah species jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis dan subtropis.

Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur,berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung.Jamur merang yang dijual untuk keperluan konsumsi adalah tubuh buah yang masih muda yang tudungnya belum berkembang.
jamur merang dibudidayakan dalam bangunan yang disebut kumbung.Sesuai namanya jamur ini tumbuh baik pada media merang dan jerami yang telah terkomposkan.Jamur merang dikenal sebagai warm mushroom,hidup dan mampu bertahan pada suhu yang relatif tinggi antar 30-38 C dengan suhu optimum pada 35 C.

Manfaat dan Kandungan gizi :
Jamur merang mempunyai rasa yang enak,gurih, dan tidak mudah berubah wujudnya jika dimasak, sehingga dapat digunakan dalam berbagai macam masakan seperti mie ayam jamur,tumis jamur,capcay,pepes jamur dll.
Kandungan protein jamur ini cukup tinggi, dalam 100gr jamur segar terkandung sekitar 3.2 gr protein, jumlah ini akan bertambah 16 gr jika jamur berada dalam keadaan kering.Selain itu jamur ini juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, 51mg dan 223 mg,dan mengandung 105 kj kalori ,dengan kandunga lemak 0.9 gr.






















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar